Artikel IslamArtikel Pilihan

Akhlak Mulia Kepada Sesama Makhluk

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن ولاه

Sebagaimana diketahui bersama bahwasanya agama islam mengajarkan untuk berakhlak mulia kepada semua makhluk, baik yang bernyawa maupun yang tidak bernyawa. Hal ini menunjukkan kesempurnaan agama islam. Bahkan seseorang yang berbuat baik kepada hewanpun akan mendapatkan pahala selama niatnya baik kepadanya.

Sebagaimana dikisahkan seseorang yang berjalan di tengah safarnya dia merasakan kehausan dan diapun mencari sumur untuk mengambil air. Pada waktu yang sama, tiba-tiba dia mendapatkan seekor anjing dalam keadaan mengeluarkan lidahnya menunjukkan anjing tersebut mengalami kehausan seperti apa yang dialami juga. Diapun membuka sepatunya untuk mengambilkan air untuk diberikan kepada anjing tersebut. Maka dengan sebab perbuatannya tersebut, Allah berterima kasih kepadanya dan mengampuni dosanya, Maka para sahabat pun mengatakan: “apakah kita akan mendapatkan pahala dikarenakan berbuat baik kepadanya?”, maka Rasulullah shallallahu ‘aliahi wa sallam bersabda:

فِى كُلِّ ذَاتِ كَبِدٍ رَطْبَةٍ أَجْرٌ

“Menolong semua makhluk bernyawa itu berpahala.” (HR. Bukhari no. 2363 dan Muslim no. 2244)

Dan berbuat baik kepada semua makhluk di muka bumi ini termasuk salah satu perintah Allah ta’ala. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengatakan:

إنَّ الله كَتَبَ الإحسانَ على كُلِّ شيءٍ

“Sesungguhnya Allah ta’ala mewajibkan untuk berbuat baik kepada segala sesuatu”( HR. Muslim : 5167)

Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melanjutkan sabdanya:

فإذَا قَتَلْتُم فَأَحْسِنُوا القِتْلَة ، وإذا ذَبَحْتُم فَأَحْسِنُوا الذِّبْحَةَ، وليُحِدَّ أحدُكُمْ شَفْرَتَهُ ، ولْيُرِحْ ذَبِيحَتَه

Maka apabila kalian membunuh maka bunuhlah dengan cara yang baik, dan apabila menyembelih, maka lakukanlah dengan cara yang baik, maka hendaknya salah seorang kalian menajamkan pisaunya dan menenangkan hewan sesembelihannya” ) HR. Muslim : 5167)

Oleh karena itu. dengan beberapa hadits di atas dapat kita simpulkan bahwasanya islam mengajarkan untuk berbuat baik kepada seluruh makhluk tanpa terkecuali, bahkan sampai pada hewan pun diperintahkan untuk berbuat baik.

Dalam hadits ini menunujukkan kesempurnaan agama islam, dengan bentuk kasih sayang terhadap semua makhluk yang ada di alam ini. Contohnya ketika diperintahkan untuk menyembelih hewan, maka hendaknya diperintahkan untuk mempercepat kematiannya, dan tidak boleh menyembelih hewan di depan hewan yang lain. Bahkan sebelum menyembelih pastikan alat yang digunakan untuk menyembelih harus tajam dan tidak menajamkan pisau di hadapan hewan yang mau disembelih karena hal itu akan menakutinya.

Bagaimana dengan manusia? Maka terlebih dalam hal ini, islam telah mengajarkannya. Misalnya saat qishash, maka diperintahkan membunuh dengan cara yang baik, dan ketika terjadi peperangan antara dua belah pihak muslim –kafir maka tidak boleh dicincang  (dipotong-potong), sebagaimana Rasulallah shallahu ‘alaihi wasallam berpesan kepada para sahabatnya sebelum berangkat ke medan perang beliau mengatakan kepada mereka:

لا تُمَثِّلُوا ولا تقتلواوليداً

“Janganlah kalian mencincangnya dan membunuh anak-anak” (HR. Muslim : 1731)

Di antara bentuk berbuat baik kepada makhluk adalah sya’riat mengharamkan untuk membunuh dengan api. Karena hal tersebut termasuk kekhususan Allah ta’ala, yang tidak boleh dari hambanya untuk mengikutinya sebagaiamana dalam sebuah hadits disebutkan:

“Maka janganlah kalian menyiksa (membunuh) dengan siksaan Allah” (HR. Abu Dawud: 4353)

Dikisahkan dari sahabat Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu ketika dia keluar tiba-tiba dia melihat salah seorang membunuh semut dengan api, maka Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam marah dan mengatakan kepadanya:

“Tidak selayaknya seorang manusia membunuh (menyiksa) dengan siksaan Allah berupa api” (HR. Ahmad: 1/423)

Wallahu ta’ala a’lam.


Referensi:

Jami’ul Ulum Wal Hikam Fi Syarh Khamsina Haditsan, Karya Ibnu Rajab Al-Hambali  (795 H) :  1/19

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close