Artikel IslamArtikel Pilihan

Allah Memiliki Nama Yang Tak Berbilang

Para pembaca yang semoga dirahmati oleh Allah ta’ala, Allah ta’ala memiliki nama dan sifat yang agung. Hal ini termasuk salah satu dari pembagian tauhid yang harus kita yakini bahwa Allah memiliki nama dan sifat yang mulia. Jikalau seseorang memiliki pemahaman yang salah dalam tauhid ini, maka akan ada kekurangan juga dalam menerima syariat agama islam, waffaqaniyallahu wa iyyakum.

Apa Makna Asmaul Husna (أسماء الحسنى)?

Makna al husna (الحسنى) secara bahasa adalah puncaknya kebaikan. Sedangkan menurut istilah dalam ilmu tauhid adalah nama yang paling baik tidak ada kekurangan dan cacat sedikitpun. Begitu juga di dalam nama Allah ta’ala mengandung sifat yang tidak ada sesuatu yang kurang dari sisi manapun. Allah ta’ala berfirman:

وَلِلَّهِ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ فَادْعُوهُ بِهَا ۖ وَذَرُوا الَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِي أَسْمَائِهِ ۚ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

“Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. Al-A’raf: 180)

Berapakah Jumlah Nama Allah ta’ala?

Jika kita membaca alquran dan teliti, maka kita jumpai pada kebanyakan akhir ayat terdapat nama-nama Allah ta’ala. Nah, tahukah wahai pembaca budiman, jumlah nama Allah ta’ala? Sebelumnya, kita coba simak hadits nabi berikut, beliau berdoa sebagai berikut:

“Ya Allah aku memohon kepada-Mu dengan setiap nama-Mu yang Engkau gunakan untuk diri-Mu, yang Engkau turunkan dalam kitab-Mu, atau Engkau ajarkan kepada salah seorang dari makhluk-Mu, atau yang Engkau rahasiakan untuk diri-Mu dalam ilmu ghaib di sisi-Mu” [HR. Ahmad]

Begitu juga dengan hadits berikut:

إِنَّ للهِ تِسْعَةً وَتِسْعِيْنَ اسْمًا ، مِائَةً إِلاَّ وَاحِدًا ، مَنْ أَحْصَاهَا دَخَلَ الجَنَّةَ

Sesungguhnya Allah memiliki sembilan puluh sembilan nama –seratus kurang satu–, yang apabila seseorang menghitungnya niscaya dia masuk Surga.” [HR. Bukhari]

Secara sekilas, ada sedikit kontradiksi antara masing-masing hadits, maksud hadits pertama adalah bahwa nama Allah ada yang dirahasiakan sendiri oleh Allah ta’ala dan hanya Allah saja yang mengetahui. Sedangkan hadits kedua disebutkan tentang penyebutan bilangan 99, maka hal ini bukan bermaksud pembatasan. Namun, yang dimaksudkan adalah bahwa yang diketahui dalam alquran dan hadist sejumlah 99, selebihnya merupakan rahasia Allah ta’ala.

Semoga Allah ta’ala senantiasa memberikan taufik-Nya kepada kita untuk bisa memahami dan mengamalkannya dengan baik dan benar.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close