Berita PesantrenDekumentasi pilihanKegiatan Santri

Apel Pagi Perdana TP 2018/2019

Sebagaimana lembaga pendidikan melaksanakan apel pagi setiap pekannya, Pesantren Al Lu’lu’ Wal Marjan memiliki tradisi thaburun shabahiyyun setiap senin pagi. Secara bahasa, thaburun (طبور) berarti barisan dan shabahiyyun (صباحي) berarti pagi, atau biasa dikenal oleh orang umum sebagai apel pagi.

Pada hari biasa, ketika waktu menunjukkan pukul 07.00 maka santri langsung bergegas menuju ke kelas masing masung guna kegiatan belajar negajar (KBM). Pesantren kami tidak memiliki tradisi apel pagi setiap harinya sebelum masuk kelas, akan tetapi kami hanya melakukan apel pagi seminggu sekali di hari senin.

Santri biasa menyebut kegiatan ini dengan “thabur shabah”. Santri berbaris rapi di lapangan pesantren. Sebagaimana dalam khutbah jumat, para jamaah mendapatkan siraman rahani dari penceramah. Dalam thaburun shabahiyyun ini, santri juga mendapatkan motivasi, arahan dan bimbingan dari ustadz-ustadz. Dengan harapan supaya di awal pekan ini mereka mendapatkan motivasi dan semangat baru untuk belajar di pesantren.

Pada kesempatan apel pagi perdana ini, pemberi nasihat adalah pengasuh pesantren, Rizal Yuliar Putrananda. Dalam kesempatan kali ini, beliau menyampaikan :

  1. Senantiasa ikhlas dan bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu di Pesantren Al-Lu’lu’ Wal Marjan
  2. Meminta pertolongan hanya kepada Allah ta’ala semata dalam belajar.
  3. Tidak sombong dan angkuh dengan segala hal yang dimilki.
  4. Tidak membawa kebiasaan buruk dari sekolah/pesantren yang lama.

Semoga dengan adanya thaburun shabahiyyun ini santri bisa mengumpulkan kembali semangat dan motivasi dalam menuntut ilmu agama.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PSB TP. 2019 (Khusus Putra & Jenjang Mutawasitoh Setingkat SMP) Akan Dibuka Setelah
+
Close
Close