Download KajianKajian IslamKajian Rutin

Bagaimana Cara Membaca? (Bagian 2)

Bagaimana Cara Membaca? (Bagian 2)
Kamis, 06 Oktober 2022
Ustadz Arya Sofyan

Alhamdulillah pada pertemuan kali ini kita akan melanjutkan kajian kitab yang berjudul “Yaa Thalibul Ilmi Kaifa Tahfadz, Kaifa Taqra’, Kaifa Tafham” (Wahai penuntut ilmu, Bagaimana menghafal, bagaimana membaca dan bagaimana memahami) buah karya Syekh Abdul Aziz bin Muhammad As-Sadhan Hafidzahullahu ta’ala.

Kita akan memasuki poin yang ke-5 di Bab yang berjudul “Bagaimana Membaca?” penulis berkata “Tatkala ingin membaca terutama penuntut ilmu yang baru pertama kali menuntut ilmu, maka hendaklah memulai dengan kitab-kitab yang pendek (ringkas) terlebih dahulu”.

Sebagian pemuda yang masih belia umurnya, mereka mempunyai antusias yang tinggi di awal memulai perkaranya (menuntut ilmu) ini merupakan perkara yang terpuji, akan tetapi disayangkan ketika mereka memulainya dengan membaca kitab-kitab tanpa petunjuk dari seorang ulama atau penuntut ilmu yang sudah senior, maka seiring berjalannya waktu akan muncul kebosanan.

Hal tersebut yang dapat membuat dia malas, bosan hingga dia bisa menjadi futur karena memulai dengan membaca kitab-kitab yang berjilid-jilid (tebal).

Hendaklah penuntut ilmu mengetahui bahwa sesungguhnya jalan menuntut ilmu itu panjang, barangsiapa yang ingin mendapatkan ilmu secara cepat, maka dia akan meninggalkannya secara cepat pula.

Mari kita melanjutkan pembelajaran kita dengan menyimak lebih cermat lagi melalui rekaman dan siaran ulang yang ada di bawah ini, baarakallahu fiikum.

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Ahlan wa Sahlan di Website Resmi Pesantren Al Lu'lu' Wal Marjan Magelang
👋 Ada Yang Bisa Kami Bantu?
Close
Close