Download KajianKajian IslamKajian Rutin

Bagaimana Cara Menghafal? – Bag II

Bagaimana Cara Menghafal? Bag II
Kamis, 25 Agustus 2022
Ustadz Faiz Abdurrahman

Alhamdulillah pada pertemuan malam ini kita akan melanjutkan kajian kitab yang berjudul “Yaa Thalibul Ilmi Kaifa Tahfadz, Kaifa Taqra’, Kaifa Tafham” (Wahai penuntut ilmu, Bagaimana menghafal, bagaimana membaca dan bagaimana memahami) karangan Syekh Abdul Aziz bin Muhammad As-Sadhan Hafidzahullahu ta’ala.

Alhamdulillah setiap pemateri pada kajian rutin ini akan memberikan 4 poin setiap pertemuannya.

Sebelum memulai pertemuan pada malam ini pemateri melakukan interaksi dengan seluruh santri terkait “Menghafal”. Menghafal meskipun terdengar singkat, tapi faedahnya sangat besar bagi ilmu yang ada, baik di manapun ilmu itu tidak lepas dari yang namanya menghafal.

Ada kalanya kita bertambah usia, semakin lama semakin banyak ilmu yang akan kita dapat, tapi ingat perlu ada yang namanya menghafal. Terkhusus kepada seluruh thalibul ilm, pemateri memberikan gambaran perjalanan selama menuntut ilmu hingga dewasa. Dan penjelasan yang merujuk beberapa ulama sebagai contoh untuk diperhatikan oleh para santri.

Cara menghafal para ulama adalah “Hifdzul Mutun” (menghafal mutun). Mutun adalah ringkasan ilmu dalam suatu seni ilmu.

Kita akan melanjutkan pembelajaran kita dengan menyimak lebih cermat lagi kajian kitab “Yaa Thalibul Ilmi Kaifa Tahfadz, Kaifa Taqra’, Kaifa Tafham” (Wahai penuntut ilmu, Bagaimana menghafal, bagaimana membaca dan bagaimana memahami) yang dikarang oleh Syekh Abdul Aziz bin Muhammad As-Sadhan Hafidzahullahu ta’ala melalui rekaman dan siaran ulang yang ada di bawah ini, baarakallahu fiikum.

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Ahlan wa Sahlan di Website Resmi Pesantren Al Lu'lu' Wal Marjan Magelang
👋 Ada Yang Bisa Kami Bantu?
Close
Close