Download KajianKajian IslamKajian KeislamanKajian Rutin

Beriman Kepada Takdir Yang Benar

Beriman Kepada Takdir Yang Benar
Ust Rizal Yuliar Putrananda
25 Mei 2022

Segala puji tidak henti-hentinya kita panjatkan kepada Allah ta’ala atas nikmat yang dilimpahkan-Nya kepada kita.

Pemateri di awal pertemuan menyampaikan sebuah nasehat, lisan dan segenap jiwa raga kita selalu tunduk kepada Allah ta’ala sebagai bentuk syukur kepada-Nya. Begitu banyak nikmat Allah ta’ala termasuk duduk sama-samanya kita di majelis ilmu yang mulia ini. Kita sedang dimuliakan oleh Allah ta’ala dengan ilmu agama dan salah satu media untuk mendapatkan ilmu agama adalah dengan mempelajarinya di majelis-majelis ilmu. Maka barangsiapa yang dimudahkan oleh Allah ta’ala sampai di majelis ilmu, maka dia sedang dimuliakan oleh Allah, sambutlah kemuliaan itu, itulah salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Allah.

Kita akan kembali melanjutkan pembahasan kitab Lum’ah al ‘Itiqaad , Karya Al Imam Ibnu Qudama al Maqdisi rahimahullahu.

Di waktu yang cukup singkat ini kita akan sambung apa yang pernah kita bahas sebelum liburan yang lalu. Kita sudah masuk pada pembahasan yang cukup penting dalam kehidupan sehari-hari. Kita sudah masuk pembahasan tentang Al-Qadha wal Qadr “Beriman Kepada Takdir”, kita sudah sampai pada halaman ke 60 dalam cetakan yang berbeda ada pada halaman 53 untuk menjelaskan tentang apa sajakah yang harus dilakukan (diyakini) oleh seseorang yang mengaku beriman kepada takdir.

Iman kepada takdir mengharuskan kita beriman tentang 4 hal, dan 4 hal ini harus ada di dalam qalbu terdalam (sanubari) kita, yaitu:

  1. Beriman kepada takdir mengharuskan kita untuk beriman bahwa Allah ta’ala mengetahui segala sesuatu.
  2. Beriman kepada takdir mengharuskan kita beriman (meyakini) bahwa Allah ta’ala telah menuliskan semua yang Allah ta’ala ketahui tadi dalam Lauhul Mahfudz.
  3. Beriman kepada takdir mengharuskan kita meyakini bahwa segala sesuatu yang ada di langit dan di bumi adalah dengan kehendak dan ketetapan Allah ta’ala.
  4. Beriman kepada takdir mengharuskan kita meyakini bahwa segala sesuatu yang ada di langit dan di bumi adalah makhluk ciptaan Allah ta’ala.

Kita lanjutkan kembali kajian kitab Lum’ah al ‘Itiqaad Al Hadi Ila Sabili Rosyad Karya Al Imam Ibnu Qudama al Maqdisi Rahimahullah ta’ala dengan menonton rekaman yang ada di bawah ini, baarakallahu fiikum.

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Ahlan wa Sahlan di Website Resmi Pesantren Al Lu'lu' Wal Marjan Magelang
👋 Ada Yang Bisa Kami Bantu?
Close
Close