Download Kajian

Beriman Kepada Takdir Bag II

Beriman Kepada Takdir Bag. 2
Ust Rizal Yuliar Putrananda
23 Maret 2022

Segala puji tidak henti-hentinya kita panjatkan kepada Allah ta’ala atas nikmat yang dilimpahkan-Nya kepada kita.

Pemateri menyampaikan sebuah nasehat kepada seluruh santri bahwa ibadah itu banyak, ada sholat, puasa, dzikir, membaca Al-Qur’an, berbakti kepada kedua orang tua dan lain sebagainya. Akan tetapi menarik perhatian kita tatkala Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

‎مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ لَهُ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Barangsiapa yang menempuh jalan di dalam rangka belajar ilmu agama maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga” (HR. Muslim no. 2699)

Dengan redaksi seperi tersebut di atas, tidak disebutkan ibadah seperti sholat, puasa, zakat, membaca Al-Qur’an, berdzikir. Akan tetapi Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menyebutkan يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا. Hadist ini menunjukkan bahwa belajar ilmu agama merupakan ibadah spesial yang disebutkan dapat memudahkan langkah seorang hamba menuju surga. Kalau kita dimudahkan oleh Allah ta’ala untuk belajar ilmu agama, itu berarti Allah sayang kepada kita karena Allah mudahkan langkah kita menuju surga.

Di dalam hadits yang lain, beliau Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

من يرد الله به خيرا يفقهه في الدين

Siapa yang dikehendaki kebaikan oleh Allah pada diri seorang hamba maka Allah akan jadikan dia paham (faqih) dalam ilmu agama” HR. Bukhari

Kita lanjutkan kembali kajian kitab Lum’ah al ‘Itiqaad Al Hadi Ila Sabili Rosyad Karya Al Imam Ibnu Qudama al Maqdisi Rahimahullah ta’ala dengan menonton rekaman yang ada di bawah ini, baarakallahu fiikum.

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Ahlan wa Sahlan di Website Resmi Pesantren Al Lu'lu' Wal Marjan Magelang
👋 Ada Yang Bisa Kami Bantu?
Close
Close