Download KajianKajian IslamKajian RutinUstadz Rizal Yuliar

Bersikap Lemah Lembut

Bersikap Lemah Lembut
Ust Rizal Yuliar Putrananda
06 Juni 2022

Kita akan melanjutkan kembali kebersamaan kita dalam mengkaji Kitab Riyadush Shaalihiin, Karya Al-Imam Yahya Ibnu Saraf An-Nawawi rahimahullah ta’ala.

Kita telah menyelesaikan Bab yang ke-73 tentang “Keutamaan Akhlaq yang Mulia”, maka penulis melanjutkan pada Bab ke 74. Pada bab ke-74 ini Al-Imam An-Nawawi rahimahullah membawa pembahasan “Kelemah lembutan”. Pemateri menyampaikan bahwa terdapat perbedaan antara lemah lembut dengan lemah gemulai. Beda antara lemah lembut dengan lemah gemulai yang menjadikan dia terhina, karenanya para ulama menyatakan “Al-Hilmu adalah lembut dan mudah untak memaafkan serta tidak cepat marah”. Al-Hilmu tidak sepenuhnya bisa diterjemahkan dengan kelembutan. Hal ini kita dapati bahwa bahasa arab memiliki kekayaan dari pada bahasa indonesia, karena seringkali kita dapatkan kosa kata bahasa Arab tidak bisa diterjemahkan sepenuhnya dengan bahasa kita, salah satu di antaranya menurut pemateri adalah “Al-Hilmu”.

Para ulama menyatakan Al-Hilmu itu adalah sebuah perangai, sifat, kedudukan di antara dua sifat yang buruk, apa dua sifat buruk yang dimaksud? Dua sifat buruk yang di maksud adalah Al-Ghadhab (Marah). Marah itu termasuk sifat yang buruk, namun bukan berarti marah selalu buruk karena ada marah-marah tertentu yang justru syar’i. Ada marah-marah tertentu yang justru sesuai dengan tuntunan, Pada dasarnya marah tidak terpuji, tapi menjadi terpuji apabila sesuai dengan contoh nabi.

Yang kedua adalah pandir sikap bodoh, apa itu pandir yang di maksud? Pandir yang dimaksud adalah sikap membiarkan keburukan atau kedzaliman diperlakukan kepadanya. Maka Al-Hilmu (kelembutan) adalah sebuah perangai yang seimbang di antara dua sifat tercela ini.

Yuk, simak lebih cermat dan lanjut lagi melalui rekaman di bawah ini ya, baarakallahu fiikum.

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Ahlan wa Sahlan di Website Resmi Pesantren Al Lu'lu' Wal Marjan Magelang
👋 Ada Yang Bisa Kami Bantu?
Close
Close