Home / Bidang Kesantrian
https://www.pesantrenluluwalmarjan.org/panduan-penerimaan-santri-baru-psb-pesantren-al-lulu-wal-marjan-20182019

Bidang Kesantrian

MUQADDIMAH

Bismillahirrahmanirrahim. Segala puji hanya milik Allah Subhanahu wa Ta’ala, Rabb Pencipta alam semesta. Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, keluarganya, para shahabatnya, serta seluruh manusia yang mengikuti sunnah beliau hingga akhirat kelak.

Di dalam wadah pendidikan yang berbasis boarding (Siswa tinggal di asrama sekolah) sangatlah dibutuhkan keselarasan antara pendidikan formal dan non formal, begitu pula antara teori dengan praktek keseharian. Hal ini merupakan ciri khas khusus pendidikan berbasis pesantren. Oleh karenanya, dibutuhkan bagian tertentu yang bergerak di bidang kepengasuhan dan kesantrian yang bertugas sebagai pengawal anak didik dalam mempraktekkan ilmu yang ia dapat dalam kehidupan sehari-hari, memberikan kegiatan positif keseharian yang mendukung proses pendidikan guna mencapai tujuannya.

Bagian Kesantrian adalah bagian khusus yang bergerak di bidang kepengasuhan di Pesantren Al-Lu’lu’ Wal Marjan yang bertugas sebagai bagian terpenting dalam proses pendidikan yang bersinergi dengan bagian kurikulum di Pesantren Al-Lu’lu’ Wal Marjan.

VISI KESANTRIAN

Menjadi bagian penting dalam proses tarbiyah di ruang lingkup Pesantren Al-Lu’lu’ Wal Marjan dalam mewujudkan generasi muda islam cerdas, Fasih dan Hafizh

MISI KESANTRIAN

1. Menyelenggarakan berbagai program pendukung penanaman akidah lurus dan akhlak mulia.

2. Menumbuhkan karakteristik santun pada diri santri.

3. Menanamkan budaya disiplin terhadap seluruh tata tertib pesantren.

4. Membantu terwujudnya budaya disiplin menghafal Al-Qur’an.

5. Membantu terwujudnya pembentukan iklim berbahasa arab.

6. Menciptakan suasana menyenangkan dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat.

7. Menanamkan cinta kebersihan, kerapihan dan keamanan guna mewujudkan lingkungan yang asri dan nyaman.

8. Menjalin kerjasama dengan lembaga, masyarakat dan lingkungan sekitar, guna melatih praktik bermasyarakat dan berdakwah dengan hikmah.

https://www.pesantrenluluwalmarjan.org/panduan-penerimaan-santri-baru-psb-pesantren-al-lulu-wal-marjan-20182019