Download KajianKajian RutinUstadz Rizal Yuliar

Boleh Berpakaian Selain Putih

Boleh Berpakaian Selain Putih
Ust Rizal Yuliar Putrananda
11 September 2023

Kita melanjutkan kembali pembahasan kitab Riyadush Shalihin karya Al-Imam Yahya bin Syarof An-Nawawi rahimahullah .

Pada pertemuan sebelumnya kita telah masuk pada pembahasan berbagai kumpulan bab dan hadist tentang “Akhlak mulia berpakaian”. Di antara sekian banyak pakaian yang dituntunkan oleh Islam, maka yang terbaik adalah yang berwarna putih. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengkaji sebuah hadits nabi, sehingga dapat diketahui bahwa berpakaian selain putih juga boleh. Namun jika pakaian putih disandingkan dengan yang lain, maka pakaian yang berwarna putih lebih afdhal/utama.

Dari Aisyah radhiyallahu anha, beliau berkata;

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasllam suatu pagi beliau keluar dengan memakai muruth (pakaian yang terbuat dari kain besar yang dililitkan) yang bergaris-garis/corak pelana unta yang ada campuran bulu berwarna hitam”.  (HR. Muslim)

Hadist dari Al-Mughirah Ibn Syu’bah radhiyallahu anhu, beliau berkata;

Aku pernah berada dalam sebuah perjalanan di malam hari bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, kemudian beliau berkata kepadaku “apakah kamu punya air?, lalu aku berkata “iya aku punya air” kemudian beliau turun dari hewan tunggangannya menjauh dari pandangan manusia untuk buang hajat, setelah selesai kemudian aku menuangkan air dari tempaian berisi air, kemudian nabi mulai berwudhu. Nabi mencuci wajahnya, beliau menggunakan Jubah (pakaian besar) yang terbuat dari kain suf (kain tebal), saking besarnya pakaian tersebut nabi merasa kesulitan mengeluarkan tangannya untuk berwudhu. Maka beliau keluarkan dari bawah, kemudian beliau membasuh kedua lengannya, beliau usap rambut kepalanya kemudian aku turun ke bawah untuk mencopot sepatu kulit nabi, beliau bersabda “Biarkan saja karena aku memakainya dalam keadaan bersuci” kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam mengusap saja bagian punggung alas kaki tersebut”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Mari, kita simak lebih cermat dan lanjut lagi melalui rekaman video di bawah ini, baarakallahu fiikum.

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Ahlan wa Sahlan di Website Resmi Pesantren Al Lu'lu' Wal Marjan Magelang
👋 Ada Yang Bisa Kami Bantu?
Close
Close