Berita PesantrenKegiatan Santri

Disini, Belajar Bahasa Arab Itu Menyenangkan

Mempelajari bahasa arab adalah sebuah kemuliaan, sebagaimana dinukil dari Ibnu Katsir rahimahullahu “Karena alquran adalah kitab yang paling mulia, diturunkan dengan bahasa yang paling mulia, diajarkan pada Rasul yang paling mulia, disampaikan oleh malaikat yang paling mulia, diturunkan di tempat yang paling mulia di muka bumi, diturunkan pula di bulan yang mulia yaitu bulan Ramadhan. Dari berbagai sisi itu, kita bisa menilai bagaimanakah mulianya kitab suci alquran”.

Dan juga, belajar bahasa arab adalah sebuah keniscayaan untuk memahami agama ini dengan benar. Sebagaimana nasihat dari Ibnu Taimiyah rahimahullahu Bahasa arab itu termasuk bagian dari agama, sedangkan mempelajarinya adalah wajib, karena memahami alquran dan as-sunnah itu wajib. Tidaklah seseorang bisa memahami keduanya kecuali dengan bahasa arab”.

Oleh karenanya, penting bagi kami sebagai pendidik untuk bisa menyampaikan bahwa belajar bahasa arab adalah menyenangkan. Sebagai pendidik juga hendaknya membuat sebuah inovasi program terbarukan untuk mencuri perhatian santri dalam mempelajari bahasa arab.

Untuk memenuhi hal tersebut, Pesantren membuat acara “FIRST RANK”. Dimana setiap kamar menunjuk beberapa perwakilannya untuk mengikuti acara ini. Peraturan permainan sangat mudah yaitu bagi setiap peserta yang tidak bisa menjawab dengan benar maka dinyatakan gugur. Akan tetapi, tidak hanya peserta saja yang bisa menjawab pertanyaan dari dewan juri, penonton juga berhak untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dewan juri. Terkumpullah 35 santri yang mengikuti acara ini dan hanya satu santri yang berhak mendapatkan gelar “First Rank” yaitu Ananda Abdan Mukhlis Ali (santri kelas i’dad lughawi).

Kami hanya berharap semoga santri bisa merasakan kebanggaan dan senang dalam mempelajari bahasa arab. Kami juga berdoa semoga Allah azza wa jalla memudahkan kami dalam mendidik dan mengembangkan inovasi terbaru dalam setiap pembelajaran.

Suasana Acara First Rank

 

Penonton Juga Berhak Menjawab Pertanyaan

 

Antusiasme Penonton Dalam Acara Ini

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close