Download KajianKajian Rutin

Faedah Umum Untuk Penuntut Ilmu #1

Faedah Umum untuk Penuntut Ilmu #1
Ust. Harits Zubaidi
Kamis, 11 Januari 2024

Alhamdulillah kita akan melanjutkan kajian kitab kita, kitab yang berjudul “Kitabul Ilmi” (Kitab yang menerangkan tentang ilmu, keutamaannya serta adab-adab dalam menuntutnya) yang dikarang oleh Syekh Muhammad Ibnu Sholeh Al-Utsaimin rahimahullahu ta’ala.

Kita masuk pada pembahasan terkait faedah-faedah umum untuk para penuntut ilmu, faedah yang pertama adalah menghafal matan yang ringkas. Penulis mencontohkan misalnya untuk nahwu menghafal matan jurumiyah, kalau dalam fiqih ada kitab zadul mustaqni’, dalam ilmu hadist ada matan umdatul ahkam, dalam ilmu tauhid ada matan kitab tauhid dan lain sebagainya.

Faidah yang kedua adalah berusaha memahami dengan baik penjelasan dalam matan tersebut kepada guru yang baik dan mumpuni. Faidah yang ketiga adalah tidak menyibukkan dengan pembahasan-pembahasan yang mendetail. Seorang thalibul ilmi memfokuskan terlebih dahulu dengan baik dan matang pada matan yang ringkas.

Mari sama-sama kita menyaksikan bersama kajian kitab ini dengan menonton rekaman yang ada di bawah ini, baarakallahu fiikum.

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Ahlan wa Sahlan di Website Resmi Pesantren Al Lu'lu' Wal Marjan Magelang
👋 Ada Yang Bisa Kami Bantu?
Close
Close