Download KajianKajian RutinUstadz Ihsanuddin

Kunci 05 – Usaha Maksimal Menjauhi Dosa

Usaha Maksimal Menjauhi Dosa
Ust Ichsanuddin
Selasa, 24 Januari 2023

Kita masih bersama dalam pembahasan (risalah) dari beliau Syaikh Abdul Rozaq Ibn Abdul Muhsin Al-Badr, sebuah karya ilmiah yang beliau beri judul “Bagaimana menjadi kunci-kunci untuk membuka pintu kebaikan?

Kita telah masuk pada perkara yang ke-5 atau kunci yang ke-5 pada kitab ini yaitu “Bersungguh-sungguh (perangi) agar senantiasa jauh dari dosa”.

Termasuk perkara yang menjadikan seorang hamba akan menjadi orang yang membuka pintu kebaikan dan menutup pintu keburukan adalah berjuang melawan hawa nafsu agar terhindar dari dosa. Hawa nafsu kita ini senantiasa mengajak kita melakukan keburukan dan ini adalah jihad yang paling besar (jihad hawa nafsu), dan menjauhi sumber-sumber kemaksiatan.

Penulis membawakan sebuah hadits di mana di hadits tersebut Rasulullah mengabarkan bahwa Allah memberikan permisalan penjelasan, “dengan permisalan semua penjelasan itu menjadi jelas”.

Allah ta’ala berfirman:

وَتِلْكَ الْاَمْثَالُ نَضْرِبُهَا لِلنَّاسِۚ وَمَا يَعْقِلُهَآ اِلَّا الْعٰلِمُوْنَ

Dan perumpamaan-perumpamaan ini Kami buat untuk manusia; dan tidak ada yang akan memahaminya kecuali mereka yang berilmu” (QS. Al-Ankabut 43).

Dan apabila ada permisalan yang Allah sebutkan, maka berusahalah untuk memahaminya jikalau tidak dapat memahaminya maka menangislah, tangisi kebodohan kita.

Imam Ibnu Qoyyim rahimahullahu di dalam salah satu karya beliau mengatakan:

dulu orang-orang salaf (sahabat, tabi’in, tabi’ut tabi’in) sebagian mereka ketika membaca sebuah permisalan baik dalam Al-Qur’an atau Hadits mereka tidak memahaminya, mereka akan menangis sejadi-jadinya dan mereka berkata saya bukan termasuk orang yang di sebutkan di dalam Al-Qur’an (orang yang pintar)

Mari sama-sama kita menyaksikan bersama kajian kitab “Bagaimana menjadi kunci-kunci untuk membuka pintu kebaikan?” dengan menonton rekaman yang ada di bawah ini, baarakallahu fiikum.

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Ahlan wa Sahlan di Website Resmi Pesantren Al Lu'lu' Wal Marjan Magelang
👋 Ada Yang Bisa Kami Bantu?
Close
Close