Berita PesantrenInformasi

Laporan Singkat Kegiatan Bahagia BerQurban (BBQ) 1445H

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Segala puji hanya milik Allah ta’ala semata atas semua limpahan nikmat dan kasih sayang-Nya. Shalawat dan salam tetap terhaturkan kepada Nabi Muhammaad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Bapak dan Ibu yang kami hormati. Alhamdulillah, kegiatan Bahagia BerQurban (BBQ) 1445 H di Pesantren Al-Lu’lu’ Wal Marjan Magelang telah usai.

Diawali dengan buka bersama puasa arafah pada hari ahad 16 juni 2024. Kemudian esoknya dilanjutkan shalat Idul Adha 10 dzulhijjah 1445 H yang digelar di lapangan Pesantren Al-Lu’lu’ Wal Marjan Magelang yang terbuka untuk umum bagi lembaga-lembaga di sekitar pesantren dan masyarakat magelang, pada hari senin bertepatan dengan tanggal 17 Juni 2024 dengan khatib Ustadz Dhiyaul Abrar hafizhahullah (Kepala Sekolah Jenjang Tsanawi ALWAN).

Berikutnya, dilanjutkan dengan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban yang dititipkan kepada Pesantren Al-Lu’lu’ Wal Marjan Magelang selama dua hari (10 dan 11 dzulhijjah 1445 H). Secara teknis proses penyembelihan hewan kurban dibantu oleh santri-santri kelas 1, 2, 3 Tsanawi, I’dad Lughawi dan 3 MTW. Adapun santri-santri selain di atas melaksanakan outbond dengan pimpinan dan arahan dari ustadz dan santri tertunjuk.

Terkumpul hewan penyembelihan sebagai berikut:
– Sapi 10 ekor
– Kambing 117 ekor

Daging didistribusikan untuk:

  1. Santri penuntut ilmu agama dan penghafal alquran.
  2. Ustadz dan karyawan pendidik di Pesantren Al-Lu’lu’ Wal Marjan.
  3. Masyarakat sekitar pesantren seperti di Dusun Kawungon, Dusun Giasan dan Dusun Tiban.
  4. Polsek dan Koramil Kec Mungkid.
  5. Relasi Pesantren ALWAN.

Adapun kepala, kulit, kaki dan jeroan hewan kurban dihadiahkan seluruhnya untuk santri Pesantren Al-Lu’lu’ Wal Marjan. Dan karena keterbatasan mereka dalam mengelolanya, maka kami mewakili penjualannya untuk mereka. Hasil penjualannya akan menjadi milik santri sepenuhnya untuk berbagai kegiatan santri.

Pada hari kamis, 13 dzulhijjah 1445 H/20 Juni 2024M, para santri menyelenggarakan kegiatan menyate bersama-sama di lingkungan pesantren dari daging hasil kurban, sebagai bentuk amalan dari hadits berikut:

أَيَّامُ التَّشْرِيقِ أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ

Hari-hari tasyrik adalah hari makan dan minum.” (HR. Muslim no. 1141)

Untuk kesekian kalinya, Pesantren Al-Lu’lu’ Wal Marjan Magelang menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam atas kepercayaan dan kontribusi Bapak/Ibu/Saudara/i sekalian dalam penyelenggaraan kegiatan kurban tahun ini di Pesantren ALWAN.

Tak lupa juga kami haturkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas segala kekurangan dan keterbatasan kami dalam menjalankan amanah ini. Semoga Allah ta’ala senantiasa memberikan taufik dan kemudahan bagi kami dalam menjalankan setiap amanah kaum muslimin.

Semoga Allah ta’ala menerima kurban dan ketaatan Bapak/Ibu/Saudara/i sekalian dan tercatat sebagai amal shalih serta mendatangkan keberkahan kepada Bapak/Ibu/Saudara/i sekeluarga baik di dunia terlebih di akhirat nanti, amin.

Semoga juga kita semua senantiasa dan selalu dimudahkan oleh Allah ta’ala untuk menjalankan ibadah kurban di tahun-tahun mendatang, aminn. Hanya kepada-Nya lah kita memohon dan meminta.

Hormat Kami
Panitia Bahagia BerQurban (BBQ) 1445 H
Pesantren Al-Lu’lu’ Wal Marjan Magelang
Di Sini, Belajar Itu Bahagia

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Ahlan wa Sahlan di Website Resmi Pesantren Al Lu'lu' Wal Marjan Magelang
👋 Ada Yang Bisa Kami Bantu?
Close
Close