Home / Artikel Islam / Mari Datang Shalat Sebelum Iqamah Dikumandangkan
https://www.pesantrenluluwalmarjan.org/panduan-penerimaan-santri-baru-psb-pesantren-al-lulu-wal-marjan-20182019

Mari Datang Shalat Sebelum Iqamah Dikumandangkan

Tidak diragukan lagi bahwa shalat adalah tiang agama. Bahkan shalat juga menjadi penentu apakah seorang muslim tetap beriman atau telah menanggalkan keimanannya. Shalat hukumnya wajib bagi setiap muslim laki-laki dan perempuan. Bahkan, bagi seorang muslim laki-laki wajib baginya untuk bisa melaksanakan shalat lima waktu secara berjamaah.

Imam Ahmad rahimahullah mengatakan “Setiap orang yang meremehkan perkara shalat, berarti telah meremehkan agama. Seseorang memiliki bagian dalam islam sebanding dengan penjagaannya terhadap shalat lima waktu. Seseorang yang dikatakan semangat dalam islam adalah orang yang betul-betul memperhatikan shalat lima waktu. Kenalilah dirimu, wahai hamba Allah. Waspadalah! Janganlah engkau menemui Allah, sedangkan engkau tidak memiliki bagian dalam islam. Kadar islam dalam hatimu, sesuai dengan kadar shalat dalam hatimu.“ (Ash Sholah, hal. 12).

Dalam pelaksanaannya, sudahkah kita bersungguh-sungguh dan benar dalam melaksanakan shalat? Diri ini apakah masih merasa malas-malasan atau bersemangat dalam menunaikan panggilan wajib lima kali sehari? Semoga hadits berikut mampu membuat kita bersemangat dalam melaksanakan shalat berjamaah.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” صَلَاةُ الرَّجُلِ فِي جَمَاعَةٍ، تَزِيدُ عَلَى صَلَاتِهِ فِي بَيْتِهِ، وَصَلَاتِهِ فِي سُوقِهِ، بِضْعًا وَعِشْرِينَ دَرَجَةً، وَذَلِكَ أَنَّ أَحَدَهُمْ إِذَا تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ، ثُمَّ أَتَى الْمَسْجِدَ، لَا يَنْهَزُهُ إِلَّا الصَّلَاةُ، لَا يُرِيدُ إِلَّا الصَّلَاةَ، فَلَمْ يَخْطُ خَطْوَةً، إِلَّا رُفِعَ لَهُ بِهَا دَرَجَةٌ، وَحُطَّ عَنْهُ بِهَا خَطِيئَةٌ، حَتَّى يَدْخُلَ الْمَسْجِدَ، فَإِذَا دَخَلَ الْمَسْجِدَ، كَانَ فِي الصَّلَاةِ، مَا كَانَتِ الصَّلَاةُ هِيَ تَحْبِسُهُ، وَالْمَلَائِكَةُ يُصَلُّونَ عَلَى أَحَدِكُمْ، مَا دَامَ فِي مَجْلِسِهِ الَّذِي صَلَّى فِيهِ، يَقُولُونَ: اللَّهُمَّ ارْحَمْهُ، اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ، اللَّهُمَّ تُبْ عَلَيْهِ، مَا لَمْ يُؤْذِ فِيهِ، مَا لَمْ يُحْدِثْ فِيهِ ”

dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Shalat seseorang dengan berjama’ah melebihi dua puluh lebih derajat daripada shalat seseorang yang dikerjakan di rumahnya dan di pasarnya, demikian itu karena bila salah seorang diantara mereka berwudhu dengan menyempurnakan wudhunya, lalu mendatangi masjid, dan tidak ada yang mendorongnya kecuali untuk shalat, maka tidaklah ia melangkah satu langkah, kecuali akan ditinggikan derajatnya dan dihapus kesalahannya, hingga ia masuk masjid. Jika ia telah masuk masjid, maka ia dihitung dalam shalat selama ia tertahan oleh shalat, dan malaikat terus mendoakan salah seorang diantara kalian selama ia dalam majlisnya yang ia pergunakan untuk shalat, malaikat akan berdoa : ‘Ya Allah, rahmatilah dia, ya Allah, ampunilah dia, ya Allah maafkanlah dia, ” selama ia tidak melakukan gangguan dan belum berhadats” [HR. Muslim No. 649].

Terakhir, kami nukilkan nasihat dari salah seorang ulama tabi’in. Semoga Allah ta’ala senantiasa memberikan kita semua taufiq dan hidayah-Nya di atas jalan ketaatan dan ketaqwaan.

عن سفيان بن عيينة رحمه الله أنه قال : ” لا تكن مثل العبد السوء لا يأتي حتى يُدعَى , ائت الصلاة قبل النداء ، قال رجل : من توقير الصلاة أن تأتي قبل الإقامة ” رواه أبو نعيم في ” حلية الأولياء ” 7/285

Sufyan bin Uyainah rahimahullahu mengatakan, “Janganlah seperti budak yang buruk, tidak datang kecuali setelah dipanggil. Datanglah ke masjid sebelum adzan”. Ada yang mengatakan, “Diantara bentuk menghormati sholat adalah datang sebelum iqomah dikumandangkan” (Hilyatul Auliya 7/285)

https://www.pesantrenluluwalmarjan.org/panduan-penerimaan-santri-baru-psb-pesantren-al-lulu-wal-marjan-20182019

Check Also

Urgensi Menjaga Serta Menyelamatkan Hati

Terdapat satu hal penting yang sepatutnya diingat oleh seorang muslim yaitu Urgensi Menjaga Serta Menyelamatkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *