Mukhayyam dan Bakti Sosial

Alhamdulillah dengan segala pertolongan yang Allah berikan, di momen yang indah pada hari jumat dan sabtu, 21-22 oktober 2016, Pesantren Al-lu’lu’ Wal Marjan telah melaksanakan kegiatan pembelajaran di luar kelas bagi para santri berupa kegiatan Mukhayyam (Camping) dan Bakti Sosial.

Kegiatan ini bertemakan “Bersama Kita Asah Kemandirian dan Kepedulian Sosial”. Sebuah slogan mendalam yang mengajarkan santri apa arti kemandirian, tanggung jawab dan kerjasama tim, serta memupuk rasa peduli dan cinta kepada sesama.

Sebelum Menuju Lokasi
Sebelum Menuju Lokasi

KEMANDIRIAN. Kami tidak serta merta menyediakan kebutuhan mereka secara instan. Segalanya santri menyiapkan secara mandiri berkelompok, mulai dari menyiapkan bakso untuk kebutuhan makan serta kebutuhan baksos seperti pembungkusan bantuan yang akan diberikan.

Pembuatan Bakso
Pembuatan Bakso
Bantuan Baksos Yang Diberikan
Bantuan Baksos Yang Diberikan

TANGGUNG JAWAB. Tanggung jawab sudah mulai banyak ditinggalkan pada masa sekarang ini, melalui kegiatan ini kami memupuk sedikit apa yang telah mulai luput dari zaman ini. Salah satunya kami tekankan hal ini pada kebersihan tempat pelaksanaan kegiatan pasca kegiatan. Kami mengajarkan juga kepada santri untuk tidak meninggalkan tempat yang dilewati dalam keadaan kotor . Yang mana jikalau santri melihat orang lain melakukan hal tersebut juga membuat dirinya tidak senang. Tidak diduga-duga, alhamdulillah, para santri penuh gairah dan antusias dalam membersihkan tempat pelaksanaan kegiatan.

Bersih-bersih Lokasi Pasca Kegiatan
Bersih-bersih Lokasi Pasca Kegiatan

KERJASAMA TIM. Kami menggunakan metode outbond untuk menanamkan arti kerjasama. Dalam outbond, santri diharuskan untuk bisa bekerjasama, percaya dan patuh terhadap pemimpin beserta teman kelompoknya. Semoga dengan ini, santri mulai terasah dan terbiasa untuk bekerjasama serta patuh kepada pemimpin.

Persiapan Outbond
Persiapan Outbond

AGAMA. Mukhayyam juga mengajarkan tentang beberapa pelajaran fiqih yang dapat diterapkan di alam terbuka. Salah satunya adalah dapat diterapkannya shalat jamaah di alam terbuka, shalat dengan menggunakan sandal dan pelajaran fiqih lainnya.

Shalat Jamaah di Alam Terbuka
Shalat Jamaah di Alam Terbuka

SOSIAL. Para santri dapat merasakan indah dan nikmatnya berbagi kebahagiaan dengan masyarakat prasejahtera di daerah lereng gunung merbabu ini. Terlaksananya kegiatan bakti sosial ini juga atas bantuan wali santri yang berupa dukungan finansial. Di lain pihak, sebagian dana diambil dari infaq para santri melalui kotak yang telah ditempatkan di kamar dan kelas. Melalui tangan-tangan mungil para santri bantuan dapat tersalurkan kepada yang berhak menerima.

Penyerahan Bantuan Donasi
Penyerahan Bantuan Donasi

Semoga dengan diadakannya kegiatan semisal ini dapat memupuk lagi semangat belajar, kemandirian, tanggung jawab, kerjasama tim dan rasa peduli terhadap sesama. Kami dari pengelola Pesantren Al-Lu’lu’ Wal Marjan mengucapkan rasa terimakasih yang mendalam, jazaakumullahu khairan kepada semua pihak yang telah membantu suksesnya kegiatan ini.

Diterbitkan oleh

Pesantren Al-Lu'lu' Wal Marjan

Menjadi Pesantren Yang Membentuk Generasi Muda Islam Cerdas, Fasih dan Hafizh

5 thoughts on “Mukhayyam dan Bakti Sosial”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.