Artikel IslamArtikel Pilihan

Pembatal Keislaman VII

SIHIR

Pembatal tauhid atau keislaman yang ketujuh adalah sihir. Sihir merupakan perbuatan kufur. Barangsipa yang yang melakukan perbuatan sihir, maka sungguh ia telah terjerumus ke dalam kekufuran. Allah ta’ala berfirman :

وَمَا يُعَلِّمَانِ مِنْ أَحَدٍ حَتَّى يَقُولا إِنَّمَا نَحْنُ فِتْنَةٌ فَلا تَكْفُرْ فَيَتَعَلَّمُونَ مِنْهُمَا مَا يُفَرِّقُونَ بِهِ بَيْنَ الْمَرْءِ وَزَوْجِهِ وَمَا هُمْ بِضَارِّينَ بِهِ مِنْ أَحَدٍ إِلا بِإِذْنِ اللَّهِ وَيَتَعَلَّمُونَ مَا يَضُرُّهُمْ وَلا يَنْفَعُهُمْ وَلَقَدْ عَلِمُوا لَمَنِ اشْتَرَاهُ مَا لَهُ فِي الآخِرَةِ مِنْ خَلاقٍ

“…Sedang keduanya tidak mengajarkan (sesuatu) kepada seorang pun sebelum mengatakan, “Sesungguhnya kami hanya cobaan (bagimu), maka janganlah kamu kafir.” Maka mereka mempelajari dari kedua malaikat itu apa yang dengan sihir itu mereka dapat menceraikan antara seorang (suami) dengan istrinya. Dan mereka itu (ahli sihir) tidak memberi mudharat dengan sihirnya kepada seorang pun, kecuali dengan izin Allah. Dan mereka mempelajari sesuatu yang memberi mudharat kepada diri mereka sendiri dan tidak memberi manfaat. Padahal sesungguhnya mereka telah meyakini bahwa barangsiapa yang menukarnya (kitab Allah) dengan sihir itu, tiadalah baginya keuntungan di akhirat” (QS. Al-Baqarah:102)

Berdasarkan pembagiannya, sihir terbagi menjadi dua, yaitu Sihir Haqiqi dan Sihir Takhyili.

Sihir Haqiqi

Bentuk dari sihir haqiqi adalah jimat yang di dalamnya tertuliskan mantra-mantra, nama-nama setan, serta buhul-buhul yang dijampi-jampi dan ditiupkan kepadanya mantra-mantra yang tidak jelas. Dalam pembuatan jimat, buhul atau benda sejenisnya ini para tukang sihir meminta bantuan dari para setan. Sihir ini dapat berpengaruh buruk kepada yang disihir, bisa menyakitinya atau bahkan bisa membunuhnya.

Sihir Takhyili

Sihir takhyili merupakan sihir penghayalan, yaitu sihir yang dapat membuat manusia melakukan hal-hal yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia biasa. Seperti seseorang yang berkhayal menjadi hewan, menghidupkan benda yang sudah mati, kebal terhadap benda tajam, dan hal-hal sejenisnya yang mustahil untuk dilakukan oleh manusia biasa. Sihir ini merupakan sihir yang pernah dilakukan oleh tukang sihirnya fir’aun. Allah ta’ala berfirman :

قَالَ أَلْقُوا فَلَمَّا أَلْقَوْا سَحَرُوا أَعْيُنَ النَّاسِ وَاسْتَرْهَبُوهُمْ وَجَاءُوا بِسِحْرٍ عَظِيمٍ

“Musa menjawab: ‘Lemparkanlah (lebih dahulu)!’ Maka tatkala mereka melemparkan, mereka menyulap mata orang dan menjadikan orang banyak itu takut, serta mereka mendatangkan sihir yang besar (mena’jubkan)” (QS. Al-A’raf: 116)

قَالَ بَلْ أَلْقُوا فَإِذَا حِبَالُهُمْ وَعِصِيُّهُمْ يُخَيَّلُ إِلَيْهِ مِن سِحْرِهِمْ أَنَّهَا تَسْعَى

“Berkata Musa : ‘Silahkan kamu sekalian melemparkan’. Maka tiba-tiba tali-tali dan tongkat-tongkat mereka, terbayang kepada Musa seakan-akan ia merayap cepat, lantaran sihir mereka” (QS. Taha: 66)

Pada zaman sekarang banyak sekali para tukang sihir atau para dukun yang mencari pengikut atau mengajarkan sihir menggunakan nama agama islam. Contohnya seperti seseorang yang membuat jimat dengan menggunakan ayat-ayat alquran, atau orang yang membacakan mantra-mantra dan di dalamnya diselipkan shalawat atas Nabi. Akan tetapai terkadang ayat-ayat alquran serta shalawat atas Nabi yang digunakan sebagai jimat ataupun mantra ini diselewengkan dalam penulisannya ataupun dalam bacaannya, sehingga berbeda pula dengan makna yang sebenarnya, bahkan bisa berbanding terbalik dengan makna aslinya.

Oleh karena itu, kita harus sangat berhati-hati dalam menjaga kekokohan tauhid kita, jangan sampai hanya karena terpengaruh dengan hal-hal yang menakjubkan ataupun dengan ajakan saudara atau teman baik, kita menuju kepada perbuatan sihir yang dapat merusak tauhid dan keislaman kita, sehingga menjerumuskan kita kepada kekufuran karena barangsiapa mempelajari atau mengajarkan sihir maka ia telah terjerumus ke dalam kekafiran, dan hal ini juga termasuk dalam jenis kemurtadan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close