Download KajianKajian IslamKajian KeislamanKajian Rutin

Perkara Yang Perlu Diperhatikan Oleh Penuntut Ilmu Bagian II

Perkara Yang Perlu Diperhatikan Oleh Penuntut Ilmu Bagian II
Kamis, 28 Juli 2022
Ustadz Ammar

Pada pertemuan yang kedua ini pemateri memberikan sebuah nasehat dengan membacakan firman Allah ta’ala:

يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ

Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat” (QS. Al-Mujadalah 11)

Mengapa demikian? Karena orang yang berilmu dapat beribadah kepada Allah ta’ala dengan dasar yang benar, sehingga ketika dia menyeru/mengajak kepada amar ma’ruf nahi mungkar ajakannya sesuai dasar yang benar di atas cahaya Allah ta’ala dan Rasul-Nya. Karena hal tersebut adalah hal yang diinginkan Allah ta’ala.

Alhamdulillah kita akan melanjutkan pertemuan kita, setelah sebelumnya telah dijelaskan poin pertama yaitudo’a”. Dimana seorang penuntut ilmu harus menyibukkan amalan disertai dengan berdo’a agar dimudahkan.

Yang kedua adalah “ikhlas hanya kepada Allah ta’ala”, karena menuntut ilmu adalah ibadah, ketika tidak ada keikhlasan di dalamnya, maka tidak ada manfaatnya di sisi Allah ta’ala.

Kemudian “maksiat adalah suatu pengganjal”, hendaklah menjauhi segala kemaksiatan yang Allah larang kepada kita semua agar ilmu dapat masuk dengan maksimal.

Yang ke-empat adalah “melihat bagaimana ulama terdahulu menuntut ilmu” untuk mengambil satu hadits atau dua hadits sebagian mereka harus safar atau menjual hartanya untuk menuntut ilmu.

Yang ke-lima adalah “Memperhatikan Adab-Adab Menuntut Ilmu” sehingga ia dapat selamat dalam menuntut ilmu.

Kemudian yang ke-enam “Memilih teman-teman yang mengajak kepada kebaikan” agar kita terangkat semangatnya dan saling menasehati.

Kita akan melanjutkan poin selanjutnya yaitu poin yang ke-tujuh.

Dengan menyimak lebih cermat lagi kajian kitab “Yaa Thalibil Ilmi” (Wahai Para Penuntut Ilmu) yang dikarang oleh Syekh Abdul Aziz bin Muhammad As-Sadhan Hafidzahullahu ta’ala melalui rekaman dan siaran ulang yang ada di bawah ini, baarakallahu fiikum.

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Ahlan wa Sahlan di Website Resmi Pesantren Al Lu'lu' Wal Marjan Magelang
👋 Ada Yang Bisa Kami Bantu?
Close
Close