Download KajianKajian IslamKajian KeislamanKajian Rutin

Perkara Yang Perlu Diperhatikan Oleh Penuntut Ilmu

Perkara Yang Perlu Diperhatikan Oleh Penuntut Ilmu
Kamis, 21 Juli 2022
Ustadz Luthfi Ihsanuddin

Pada pertemuan yang pertama ini pemateri membuka dengan berdo’a agar diberikan ilmu yang bermanfaat serta rizki yang baik dan amal yang diterima.

Alhamdulillah segala puji bagi Allah ta’ala, kita kembali diberikan kesempatan untuk menuntut ilmu, mengkaji kitab-kitab para ulama sebagai lentera kita untuk mengarungi kehidupan di dunia ini.

Berbagai macam fitnah ada di kehidupan kita, maka sungguh ilmu sangat kita butuhkan untuk saat ini, ilmu agama sangat kita butuhkan sebagai tameng sehingga kita selamat dari fitnah-fitnah tersebut dan dengannya kita memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat.

Insyaallah mulai pertemuan kali ini, kita akan memulai kajian kitab yang berjudul “Yaa Thalibil Ilmi” (Wahai Para Penuntut Ilmu). Kitab yang dikarang oleh Syekh Abdul Aziz bin Muhammad As-Sadhan Hafidzahullahu ta’ala. Sebuah kitab yang ringkas, akan tetapi penuh makna dan faedah, kitab ini dikarang sebagai bentuk motivasi dan penyemangat bagi kita semua yang berstatus penuntut ilmu agama, agar senantiasa dalam jalan yang benar dan juga ilmu yang kita dapatkan bermanfaat.

Pembahasan kitab yang pertama adalah “Perkara yang perlu diperhartikan oleh penuntut ilmu” sebagai bekal dalam mengarungi perjalanannya saat menuntut ilmu.

Perkara yang pertama adalah Do’a. Do’a adalah ibadah, di samping kita mendapatkan pahala karena berdo’a, dengan do’a juga Allah ta’ala akan memberikan kemudahan kepada kita dalam menuntut ilmu.

Mari kita menyimak lebih cermat lagi kajian kitab “Yaa Thalibil Ilmi” (Wahai Para Penuntut Ilmu) yang dikarang oleh Syekh Abdul Aziz bin Muhammad As-Sadhan hafidzahullahu ta’ala melalui rekaman dan siaran ulang yang ada di bawah ini, baarakallahu fiikum.

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Ahlan wa Sahlan di Website Resmi Pesantren Al Lu'lu' Wal Marjan Magelang
👋 Ada Yang Bisa Kami Bantu?
Close
Close