Berita PesantrenInformasiKegiatan PesantrenKegiatan Santri

Program DONAT KOTA (Donatur Tetap Kasih Orang Tua Asuh)

Sejak awal langkah perintisannya, Pesantren berkomitmen untuk menjadi lembaga pendidikan yang melengkapi perjuangan sederetan Pesantren bermanhaj salaf yang sudah ada untuk menguatkan tarbiyah melalui lembaga pendidikan. Saling berkomunikasi, berkoordinasi serta berbagi kebaikan dalam bingkai “ta’awun ‘alal birri wat taqwa”.

{ وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلا تَعَاوَنُوا عَلَى الإثْمِ وَالْعُدْوَانِ }

“Dan saling tolong menolonglah kalian di atas kebajikan dan ketakwaan. Dan janganlah kalian saling tolong menolong di atas dosa dan permusuhan” [QS. Al-Maidah : 2].

Allah akan senantiasa menyertai hamba-Nya yang peduli serta membantu saudaranya dalam kebaikan dan ketakwaan. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam menjelaskan:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : “مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللَّهُ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَاللَّهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيهِ وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu beliau berkata, Rasulullah shallalahu alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa membebaskan seorang mukmin dari sebuah kesulitan di antara kesulitan-kesulitan yang menghimpit di dunia, niscaya Allah akan membebaskannya dari kesulitan yang menghimpitnya di akhirat. Barangsiapa memudahkan bagi seseorang yang terlilit hutang, niscaya Allah ta’ala akan memudahkannya (dalam urusan) di dunia dan akhirat. Barangsiapa yang menutup aib kekurangan seorang muslim, niscaya Allah ta’ala akan menutup aibnya di dunia dan akhirat. Dan Allah ta’ala akan senantiasa menolong seorang hamba yang senantiasa menolong saudaranya. Dan barangsiapa menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu (agama), niscaya Allah ta’ala akan memudahkan baginya jalan menuju surga …” (HR. Muslim).

Santri-santri yang berasal dari wilayah sekitar mendapatkan prioritas. Terlebih bagi mereka yang merupakan putra daerah sekitar untuk menjadi kader dakwah di masa mendatang. Realitanya, bahwa tidak sedikit dari mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu seperti kalangan petani, pekerja kasar, buruh harian, pedagang kecil atau lainnya.

Pesantren berkonsentrasi untuk mencari alternatif solusi yang diharapkan dapat menyelesaikan realita kondisi tersebut. Di satu sisi Pesantren sangat ingin membantu, namun di sisi lain juga memiliki banyak sekali keterbatasan.

Semoga dengan keberadaan program santunan “DONAT KOTA” (Donatur Tetap Kasih Orang Tua Asuh) di Pesantren Al-Lu’lu’ Wal Marjan santri-santri yang berasal dari keluarga kurang mampu dapat tetap berkesempatan untuk belajar ilmu agama.

Proposal Program DONAT KOTA (Donatur Tetap Kasih Orang Tua Asuh) KLIK DISINI

Bagi segenap kaum muslimin yang ingin turut berpartisipasi dalam program kebaikan ini, silahkan daftarkan diri anda dengan format berikut:
DONAT KOTA#NAMA – Kirim ke nomor 0856 0312 1999 (WA Saja)
Contoh: DONAT KOTA#Irfan Tasbih

Demikian tawaran kebaikan ini kami buka untuk semuanya, semoga Allah ta’ala memudahkan setiap langkah kebaikan yang kita upayakan bersama serta memberkahinya. Terimakasih, jazaakumullahu khairan wa ahsanallahu ilaikum.

Salam Hormat,
Pesantren Al-Lu’lu’ Wal Marjan
Di Sini,, Belajar Itu Bahagia

PUSAT INFORMASI
0856 0312 1999 (WA/Telegram/SMS/Telp)
0822 1912 1999 (WA/SMS/Telp)
08777 1144 999 (SMS/Telp)
(0293) 7181836

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close