Download KajianKajian IslamKajian KeislamanKajian Rutin

Tata Cara Menuntut Ilmu dan Tingkatannya

Resume Kajian Kitab Hilyah Thalibil Ilmi #4
Selasa, 04 Januari 2022
Ustadz Ammar

Pemateri membuka pertemuan ke-4 pada malam ini dengan membawakan sebuah sabda Rasulullah ﷺ “Bahwa Allah ketika menginginkan kebaikan untuk kita semua, Allah tidak menaruh kita kepada selain menuntut ilmu syar’i”. Merupakan nikmat yang agung dimana kita semua sekarang berada di dalam nikmat tersebut, nikmat belajar ilmu syar’i.

Dengan nikmat tersebut selain kita bersyukur kepada Allah, hendaknya kita juga memperbagus kualitas nikmat tersebut, nikmat menuntut ilmu syar’i tentu berbeda antara satu orang dengan orang yang lain, orang yang menuntut ilmu dengan ikhlas dan yang terpaksa. Walaupun keduanya ada kebaikan.

Pertemuan malam ini kita akan melanjutkan pelajaran daripada pemateri sebelumnya dimana pertemuan kali ini akan dibahas 2 Bab atau 2 Materi, yang pertama adalah “Bagaimana kita menuntut Ilmu” dan yang kedua “Bagaimana kita bertemu ilmu tersebut”.

Pemateri menuturkan beberapa kaidah-kaidah dari salafush shaleh yang artinya “Barangsiapa yang belum menyempurnakan pondasi/asas maka dia akan gagal dalam mencapai target yang dia harapkan” begitupulah perkataan yang kedua “siapa yang tergesa-gesa dalam menuntut ilmu, maka dia akan lupa dari ilmu yang dia hafal yang dia pahami juga secara keseluruhan

Mari kita lanjutkan kembali menyimak lebih cermat lagi kajian kitab Hilyah Thalibil Ilmi melalui rekaman dan siaran ulang yang ada di bawah ini, baarakallahu fiikum.

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Ahlan wa Sahlan di Website Resmi Pesantren Al Lu'lu' Wal Marjan Magelang
👋 Ada Yang Bisa Kami Bantu?
Close
Close