Download KajianKajian IslamKajian KeislamanKajian Rutin

Tauhid Adalah Pokok Dalam Penyucian Jiwa (Bag II)

TAUHID ADALAH POKOK DALAM PENYUCIAN JIWA (BAG II)
Kamis, 30 Desember 2021
Ustadz Ichsanuddin

Pada pertemuan ke-3 ini, pemateri membuka dengan mengingatkan kepada seluruh pendengar agar senantiasa mensyukuri segala nikmat yang Allah سبحانه و تعالى  berikan pada kita semua. Allah سبحانه و تعالى  berfirman:

لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat

Pada pertemuan ke-3 pembahasan Kitab ASYRU QAWAA’ID FII TAZKIAH AN NUFUS “10 Kaidah di Dalam Penyucian Jiwa” pemateri kembali mengulang apa pengertian dari judul kitab dengan menanyakan kepada santri.

Pemateri juga sedikit mengulang Muqaddimah yang telah disampaikan pada pertemuan pertama oleh Ustadz Fathurrahman hafizahullahu ta’ala, tentang pentingnya kita memiliki perhatian kepada jiwa karna setiap kita mempunyai dua hal yang sangat berharga dalam kehidupannya, dua hal yang harus diperhatikan agar keduanya tidak sakit, yaitu Jasmani dan Rohani, kita hendaknya memiliki perhatian kepada jiwa (Ruh) yang mana dengan ruh/jiwa yang suci tersebut seseorang akan dimudahkan oleh Allah سبحانه و تعالى memilih jalan kebaikan.

Di antara perinta Allah سبحانه و تعالى yang pertama adalah mensucikan jiwa dengan tauhid dan menjauhkan diri dari kesyirikan. Mari sama-sama kita mengikuti penjelasan tentang kaidah yang kedua pada kitab Asyru Qawaa’id Fii Tazkiah An Nufus, dengan mendengarkan dan menyimak rekaman di bawah ini. Baarakallahu fiikum.

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Ahlan wa Sahlan di Website Resmi Pesantren Al Lu'lu' Wal Marjan Magelang
👋 Ada Yang Bisa Kami Bantu?
Close
Close