Artikel Islam

Tauhid Rububiyah

Tauhid rububiyah adalah salah satu dari 3 pembagian tauhid yang masing-masing merupakan pondasi yang sangat penting bagi iman seorang muslim. Tauhid rububiyah berarti mengesakan Allah ta’ala atas kekuasaan dan perbuatan-perbuatan yang hanya bisa dilakukan oleh-Nya saja, seperti penciptaan, pengaturan siang dan malam, menghidupkan, mematikan, memberi rizki, dan yang lainnya dimana hanya Allah ta’ala lah yang bisa melakukannya. Sebagaimana tercantum dalam firman-Nya :

قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَتَنزعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ بِيَدِكَ الْخَيْرُ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ (26) تُولِجُ اللَّيْلَ فِي النَّهَارِ وَتُولِجُ النَّهَارَ فِي اللَّيْلِ وَتُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَتُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ وَتَرْزُقُ مَنْ تَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ 27

“Katakanlah (Muhammad), “Wahai tuhan pemilik kekuasaan, engkau berikan kekuasaan kepada siapapun yang engkau kehendaki, dan engkau cabut kekuasaan dari siapapun yang engkau kehendaki. Di tangan-Mulah segala kebajikan. Sungguh, Engkau maha kuasa atas segala sesuatu (26). Engkau masukkan malam ke dalam siang dan engkau masukkan siang ke dalam malam. Dan Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau berikan rezeki kepada siapapun yang Engkau kehendaki tanpa perhitungan (27). (QS. Al-Imran : 26-27)

            Sesungguhnya Allah ta’ala telah menciptakan makhluk-Nya di atas fitrah pengakuan terhadap rububiyah-Nya, bahkan orang musyrik pun di dalam hati mereka sebenarnya ada keyakinan tentang keesaan rububiyah Allah ta’ala. Allah ta’ala berfirman :

            قُل مَن رَبُّ السَّماواتِ السَّبعِ وَرَبُّ العَرشِ العَظيمِ (86) سَيَقولونَ لِلَّهِ قُل أَفَلا تَتَّقونَ (87) قُل مَن بِيَدِهِ مَلَكوتُ كُلِّ شَيءٍ وَهُوَ يُجيرُ وَلا يُجارُ عَلَيهِ إِن كُنتُم تَعلَمونَ (88) سَيَقولونَ لِلَّهِ قُل فَأَنّى تُسحَرونَ (89)

“ Katakanlah, “Siapakah tuhan yang memiliki langit yang tujuh dan yang memiliki Arsy yang agung ?” (86). Mereka akan menjawab,”(Milik) Allah.” Katakanlah, maka mengapa kamu tidak bertaqwa ?” (87). Katakanlah, “Siapakah yang di tangan-Nya berada kekuasaan segala sesuatu. Dia melindungi dan tidak ada yang dapat dilindungi (dari azab-Nya), jika kamu mengetahui ?” (88). Maka mereka menjawab,” Milik Allah.” Katakanlah,”(Kalau demikian), Maka bagaimana kamu sampai tertipu?.(89). (QS. Al-Mu’minun : 86-89)

            Pada hakekatnya seluruh makhluk ciptaan Allah ta’ala menyakini keesaan rububiah-Nya, namun terkadang keyakinan itu tertutup dengan kesombongan dan kebodohan, sehingga banyak orang memiliki pemahaman yang menyimpang dengan rububiyah Allah ta’ala. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kaum muslimin menyakini dengan sepenuh hati tentang rububiyah Allah ta’ala.


Referensi : Kitab Tauhid karya Dr. Shalih bin Fauzan bin Abdullah Al fauzan hafidzahullahu

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PSB TP. 2019 (Khusus Putra & Jenjang Mutawasitoh Setingkat SMP) Akan Dibuka Setelah
+
Close
Close