Berita PesantrenKegiatan Santri

Thaburun Shabahiyyun

Sebagaimana lembaga pendidikan melaksanakan apel pagi setiap pekannya, Pesantren Al Lu’lu’ Wal Marjan memiliki tradisi thaburun shabahiyyun setiap senin pagi. Secara bahasa, thaburun (طبور) berarti barisan dan shabahiyyun (صباحي) berarti pagi, atau biasa dikenal oleh orang umum sebagai apel pagi.

Pada hari biasa, ketika waktu menunjukkan pukul 07.00 maka santri langsung bergegas menuju ke masjid untuk halaqah alquran. Pesantren kami tidak memiliki tradisi apel pagi setiap harinya sebelum masuk kelas, akan tetapi kami hanya melakukan apel pagi seminggu sekali di hari senin.

Santri biasa menyebut kegiatan ini dengan “thabur shabah”. Santri berbaris rapi di depan kantor pesantren. Sebagaimana dalam khutbah jumat, para jamaah mendapatkan siraman rahani dari penceramah. Dalam thaburun shabahiyyun ini, santri juga mendapatkan motivasi, arahan dan bimbingan dari ustadz-ustadz. Dengan harapan supaya di awal pekan ini mereka mendapatkan motivasi dan semangat baru untuk belajar di pesantren.

Semoga dengan adanya thabarun shabahiyyun ini santri bisa mengumpulkan kembali semangat dan motivasi dalam menuntut ilmu agama.

upacara senin

apel pagi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close