Download Kajian

Tinggi Hati & Kesombongan Bag II

Tinggi Hati dan Kesombongan Bag. II
Ust Rizal Yuliar Putrananda
21 Maret 2022

Tanpa terasa kita sudah hampir dipenghujung 2/3 yang mulia di bulan sya’ban dan kita akan masuk pada sepertiga terakhir dari bulan sya’ban untuk selanjutnya kita menyambut kemuliaan bulan Ramadhan. Tentu semestinya kita senantiasa mengingat Allah ta’ala, bersyukur kepada-Nya atas semua nikmat yang telah kita rasakan. Perlu senantiasa dihadirkan di dalam sanubari kita, bahwa belum tentu kita berjumpa dengan Ramadhan mendatang.

Pemateri mengingatkan kepada seluruh hadirin dan juga untuk beliau sendiri, untuk memperbanyak taubat dan istighfar meminta kepada Allah ta’ala agar dipertemukan dengan Ramadhan.

Kita lanjutkan kembali kebersamaan kita dalam mengkaji kitab Riyadhush Shaalihiin, Karya Al-Imam Yahya Ibnu Saraf An-Nawawi rahimahullah. Dan kita telah sampai sebagaimana pada pertemuan sebelumnya pada Bab ke 72 tentang “Kesombongan & Bangga Diri” bab ini memiliki keterikatan dengan bab sebelumnya yaitu “Tawadhu”.

Digandengkannya pada judul Bab ini antara kesombongan dengan bangga terhadap diri sendiri, karena seringkali yang menjadi gerbang terbesar seseorang tergelincir dalam kesombongan yaitu seseorang merasa lebih dari orang lain.

Tidaklah Qorun dibenamkan oleh Allah ta’ala bersama seluruh harta bendanya di dalam perut bumi kecuali karena kesombongan dan keangkuhannya. Diawali dengan kekagumannya terhadap dirinya sendiri. Ada beberapa hadits yang dinukilkan oleh penulis rahimahullah, pada Bab ini di nomor urutan hadist 612 Al-Imam Yahya Ibnu Saraf An-Nawawi rahimahullah membawakan hadist Abdillah Ibn Mas’ud Radiyallahu ta’ala anhu, Rasulullah sallallahu ‘alaihi wasallam bersabda

لا يدخل الجنة من كان في قلبه مثقال ذَرَّة من كِبْر

“Tidak masuk surga siapa saja yang di dalam qalbunya ada sekecil Zarrah kesombongan”

Yuk, simak lebih cermat dan lanjut lagi melalui rekaman di bawah ini ya, baarakallahu fiikum.

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Ahlan wa Sahlan di Website Resmi Pesantren Al Lu'lu' Wal Marjan Magelang
👋 Ada Yang Bisa Kami Bantu?
Close
Close