Download KajianKajian IslamKajian Keislaman

Etika Berteman

Resume Kajian Kitab Hilyah Thalibil Ilmi #6
Selasa, 18 Januari 2022
Ustadz Bukhari

Pada pertemuan kali ini, insyaallah kita akan membahas atau masuk pada pembahasan Bab ke-4 yaitu “Etika Berteman”, apa korelasi atau hubungan antara berteman dengan menuntut ilmu? Karena seseorang itu dilihat dari teman dekatnya, karna yang namanya teman itu mempengaruhi ilmu seseorang.

Syaikh Dr. Bakr bin Abdullah Abu Zaid rahimahullah mengatakan,

Hati-hati (hindari) teman yang buruk (jelek), sebagaimana kebiasaan orangtua itu menular kepada anaknya begitu pula adab yang buruk itu menular kepada yang lainnya, karena perangai seseorang itu bisa berubah-ubah, dan watak seseorang itu banyak mengambil dari orang lain, manusia itu bagaikan segerombol burung tercipta mirip satu dengan yang lainnya maka hati-hatilah (hindari) bergaul dengan orang yang seperti itu (buruk) karena kalau kita bergaul dengan treman yang buruk, kita akan binasa”.

Maka seorang penuntut ilmu harus pandai dalam memilih teman, banyak orang fasik (pendosa) berteman dengan orang shalih kemudian dia bisa mendapatkan hidayah begitupula sebaliknya, dengan demikian maka pilihlah (berteman atau bersahabat) dengan orang yang bisa membantumu dalam menuntut ilmu dan teman yang bisa mendekatkan diri kita kepada Rabb kita dan teman yang visi misinya sama dengan kita.

Mari kita lanjutkan kembali menyimak lebih cermat lagi kajian kitab Hilyah Thalibil Ilmi melalui rekaman dan siaran ulang yang ada di bawah ini, baarakallahu fiikum.

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Ahlan wa Sahlan di Website Resmi Pesantren Al Lu'lu' Wal Marjan Magelang
👋 Ada Yang Bisa Kami Bantu?
Close
Close