Download KajianKajian IslamKajian Keislaman

Alquran Adalah Kalamullah

Alquran Adalah Kalamullah
Ust Rizal Yuliar Putrananda
19 Januari 2022

Di awal pertemuan pada petang ini, pemateri mengajak seluruh santri hendaklah masing-masing di antara kita senantiasa bersyukur kepada Allah سبحانه و تعالى, dan mengawali keberadaan di majelis ilmu yang mulia ini dengan keikhlasan niat, menjadikan tujuan keberadaan di majelis yang mulia ini adalah untuk meraih pahala Allah سبحانه و تعالى , mendapatkan balasan terbaik dari-Nya. Siapa yang ikhlas maka dia beruntung, namun siapa yang mengabaikan keikhlasan dia akan merugi. Maka mari, masing-masing di antara kita meluruskan kembali niatnya menghadirkan di dalam sanubari keikhlasan kepada Allah سبحانه و تعالى.

Pemateri melanjutkan kembali pembahasan kitab Lum’ah al ‘Itiqaad, Karya Al Imam Ibnu Qudama al Maqdisi Rahimahullah. Dan pembahasan kali ini masih berkaitan dengan pembahasan yang sebelumnya tentang sifat Allah, Allah سبحانه و تعالى memiliki sifatul kalam, namun sebagaimana sifat-sifat Allah yang lain yang maha mulia, maha tinggi dan maha sempurna, maka sifat Allah sekalipun terpahami maknanya dari sisi bahasa tetapi hakikatnya tidak serupa dengan sifat siapapun di antara makhluknya.

Pada pembahasan malam ini adalah “Alquran Kalamullah”, maka konsekuensi maknanya adalah bahwa Alquran bukan makhluk, sebagaimana diyakini oleh Ahlush Sunnah Wal Jama’ah, Allah سبحانه و تعالى memiliki sifatul kalam dan sifat tersebut bukan makhluk, maka konsekuensi maknanya adalah bahwa alquran yang merupakan Kalamullah maka alquran bukan makhluq.

Al Imam Ibnu Qudama berkata:

di antara kalamullah adalah Alquranul adhim, Alquran Kitabullahil mubin, Alquran adalah tali Allah yang kokoh, Alquran adalah jalan Allah yang lurus, Alquran adalah yang diturunkan oleh Allah سبحانه و تعالى  rabbul ‘alamin

Mari kita lanjutkan kembali menyimak kajian rutin dengan menonton rekaman yang ada di bawah ini, baarakallahu fiikum.

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Ahlan wa Sahlan di Website Resmi Pesantren Al Lu'lu' Wal Marjan Magelang
👋 Ada Yang Bisa Kami Bantu?
Close
Close