Download KajianKajian IslamKajian KeislamanKajian Rutin

Kalamullah

Kalamullah
Ust Rizal Yuliar Putrananda
29 Desember 2021

Pertemuan ke-3 pemateri memulai kajian dengan mengajak seluruh jama’ah dan pemirsa di manapun berada untuk senantiasa mensyukuri kesempatan yang diberikan Allah سبحانه و تعالى.

Pada pertemuan ke-3 kajian rutin ini pemateri melanjutkan kembali pembahasan kitab Lum’ah al ‘Itiqaad, namun sebelumnya mengingatkan sedikit terkait pembahasan pekan sebelumnya tentang “Allah سبحانه و تعالى tinggi di atas Arsy-Nya”, kemudian dilanjutkan dengan pembahasan “Ketinggian Allah سبحانه و تعالى di atas seluruh makhluknya”, kemudian pemateri melanjutkan pembahasan lain yang tidak kalah penting yaitu:

“Bahwa Allah سبحانه و تعالى berbicara

Sebelum masuk pembahasan pada malam ini, pemateri ingin menyegarkan ingatan masing-masing, terkait dengan kaidah-kaidah prinsip Ahlussunnah wal jama’ah di dalam masalah akidah secara umum dan di dalam meyakini “Al Asma’ Wa Shifat Lillahi Azza Wa Jalla” secara khusus, bahwa Allah punya nama, Allah punya sifat yang Maha Indah lagi Maha Sempurna.

Pernah disampaikan dalam bentuk poin-poin bahwa:

  1. Pertama Ahlussunnah wal jama’ah itu berpegang teguh kepada Alquran dan Sunnah Rasulullah ﷺ , hadits-hadits yang shahih sesuai dengan dzahir makna ayat dan hadits tersebut berkaitan dengan “Al Asma’ Wa Shifat Lillahi Azza Wa Jalla” sebagaimana pemahan Assalafush Shalih Radhiyallahu ‘anhum, itulah iman, inilah prinsip yang mendasar.
  2. Kita juga telah menegtahui bahwa nama-nama Allah سبحانه و تعالى dan sifatnya wajib diyakini berdasarkan dalil yang syar’i bukan berdasarkan nalar, logika atau akal yang terbatas saja, karena setiap nama dan sifat Allah سبحانه و تعالى wajib diyakini di atas dasar dalil yang syar’i.
  3. Diantara prinsip pokok Ahlussunnah wal jama’ah pada Bab “Al Asma’ Wa Shifat Lillahi Azza Wa Jalla” adalah bahwa setiap Ayat alquran dan setiap hadits yang shahih tentang nama dan sifat Allah سبحانه و تعالى wajib diterima tanpa diselewengkan, tidak disimpangkan. Baik itu mengingkari atau mencari makna lain tanpa dalil yang shahih atau menyerupakan Allah سبحانه و تعالى dengan makhluknya.
  4. Seluruh nama-nama Allah itu Maha Indah, artinya tidak ada yang lebih dari itu. Nama-nama dan sifat Allah سبحانه و تعالى Maha Indah dan Maha Tinggi, dan semua itu haqiqi, bukan seolah-olah dan bukan seakan-akan.
  5. Bahwa setiap sifat Allah سبحانه و تعالى tidak dapat dan tidak boleh digambarkan rincian detailnya, apapun itu.

Mari kita lanjutkan kembali menyimak kajian rutin dengan menonton rekaman yang ada di bawah ini, baarakallahu fiikum.

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Ahlan wa Sahlan di Website Resmi Pesantren Al Lu'lu' Wal Marjan Magelang
👋 Ada Yang Bisa Kami Bantu?
Close
Close