Download KajianKajian Rutin

Kunci #2 – Tauhid dan Ikhlas

Tauhid dan Ikhlas
Ust Fathurrahman
Selasa, 03 Januari 2023

Alhamdulillah kita akan melanjutkan kajian kitab yang berjudul “Bagaimana menjadi kunci-kunci untuk membuka pintu kebaikan?” dan pada pembahasan yang pertama sudah disebutkan kunci yang pertama adalah ada di tangan Allah ta’ala (Al-Fattah).

Pada pertemuan kali ini kita akan melanjutkan kunci yang ke-2 yaitu “Mentauhidkan Allah dan mengikhlaskan agama ini hanya untuk Allah ta’ala”. InsyaaAllah dari kita semua sudah dan sedang mempelajari tauhid, tidak dipungkiri juga bahwasanya mempelajari tauhid adalah hal yang paling wajib untuk dipelajari.

Kapan kita harus belajar tauhid? Yaitu selamanya. Selamanya kita mempelajari tauhid kepada Allah ta’ala.

Kita semua mengetahui bahwasanya hal terbesar, perkara yang paling mulia (agung) dari kunci-kunci kebaikan secara mutlak adalah Tauhid kepada Allah ta’ala dan mengikhlaskan ibadah kepada-Nya.

Tauhid itu adalah kunci segala kebaikan. Jika ingin berakhlak mulia, selalu patuh kepada Allah dan Rasul-Nya serta ibadahnya diterima Allah maka tauhidnya dulu yang dibersihkan, dipelajari, dikuatkan dan diyakini.

Dan tauhid ini adalah kunci surga, dari Mu’adz bin Jabal Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

Kunci masuk surga adalah syahadat Laa Ilaaha Illallah

Maka dari itu kita tidak boleh bosan mempelajari tauhid kepada Allah ta’ala. Dalil yang paling kuat untuk menjelaskan bahwasanya tauhid adalah kunci surga yaitu hadits yang diriwayatkan ‘Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu , Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

Tidaklah seorang hamba dia melakukan wudhu lalu menyempurnakan wudhunya kemudian setelah berwudhu dia mengucapkan do’a (syahadat) melainkan akan dibukakan baginya 8 pintu surga dan dia boleh masuk dari manapun dari 8 pintu tersebut
(HR. Muslim)

Mari sama-sama kita menyaksikan bersama kajian kitab “Bagaimana menjadi kunci-kunci untuk membuka pintu kebaikan?” dengan menonton rekaman yang ada di bawah ini, baarakallahu fiikum.

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Ahlan wa Sahlan di Website Resmi Pesantren Al Lu'lu' Wal Marjan Magelang
👋 Ada Yang Bisa Kami Bantu?
Close
Close