Download KajianKajian IslamKajian RutinUstadz Ihsanuddin

Mengingat Hisab & Perjumpaan Bersama Allah

Mengingat Hisab & Perjumpaan Bersama Allah
Ust Ichsanuddin
Selasa, 11 Oktober 2022

Pembahasn kita adalah pembahasan kitab yang berjudul “Asyrun Mujibatun Lin NajahSepuluh Faktor (Penyebab) Keselamatan, keselamatan di dunia dan akhirat dan kesuksesan terbesar itu di akhirat.

Sebelum memulai kajian pada pertemuan kali ini, pemateri memberikan perumpamaan secara langsung kepada santri terkait judul pembahasan yang akan dikaji pada malam hari ini.

Kita akan melanjutkan pembahasan kitab Asyrun Mujibatun Lin Najah. Pembahasan kita pada malam ini yaitu kunci kesuksesan yang ke-9 yaitu “Mengingat Hisab & Perjumpaan Bersama Allah”.

Penulis mengatakan “dan termasuk sebab keselamatan adalah memikirkan hari yang agung tersebut, hari di mana seluruh makhluk berdiri di hadapan Allah untuk dihisab dan untuk diberikan balasan atas amalan mereka, dan tiada seorangpun yang dapat menolong, memberi manfaat atau menjerumuskan orang lain”.

Penulis mengajak kita untuk merenungkan hari yang dahsyat, hari yang agung, hari di mana kita akan dihisab, hari di mana kita dihadapkan berdiri di hadapan Allah ta’ala, di depan seluruh makhluk akan ditanya dan di sana tidak ada penolong, semua kembali kepada Allah ta’ala.

Allah ta’ala berfirman:

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا يَوْمُ الدِّيْنِۙ

ثُمَّ مَآ اَدْرٰىكَ مَا يَوْمُ الدِّيْنِۗ

يَوْمَ لَا تَمْلِكُ نَفْسٌ لِّنَفْسٍ شَيْـًٔا ۗوَالْاَمْرُ يَوْمَىِٕذٍ لِّلّٰهِ ࣖ

Dan tahukah kamu apakah hari pembalasan itu?
Sekali lagi, tahukah kamu apakah hari pembalasan itu?
(Yaitu) pada hari (ketika) seseorang sama sekali tidak berdaya (menolong) orang lain. Dan segala urusan pada hari itu dalam kekuasaan Allah” (QS. Al-Infithar 17-19)

Mari sama-sama kita menyaksikan bersama kajian kitab “Asyrun Muujibaatin Lin NajaatiSepuluh Faktor (Penyebab) Keselamatan yang dikarang oleh oleh beliau Ash-Syaikh Abdur Razzaq Ibn Abdil Muhsin Al Abbad Al Badr hafidzahullahu ta’ala dengan menonton rekaman yang ada di bawah ini, baarakallahu fiikum.

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Ahlan wa Sahlan di Website Resmi Pesantren Al Lu'lu' Wal Marjan Magelang
👋 Ada Yang Bisa Kami Bantu?
Close
Close