Download KajianKajian IslamKajian KeislamanKajian Rutin

Muslim, Eksklusif Atau Inklusif?

Semoga kita semua tidak bosan untuk saling mengingatkan di atas jalan ketakwaan kepada Allah ta’ala, karena kita semua mencintai kaum muslimin dan kita semua berharap agar kita dan seluruh kaum muslimin dimanapun berada meninggal dunia dalam keadaan tidak membawa catatan kesyirikan atau kekufuran sehingga kelak dipersilahkan masuk ke dalam surga Allah سبحانه و تعالى.

Islam adalah satu-satunya agama yang diridhoi oleh Allah سبحانه و تعالى, dan seorang muslim tidak boleh ragu akan hal ini, wajib meyakini hal ini. Barangsiapa yang meragukan hal ini dia akan keluar dari batasan islam.

Allah سبحانه و تعالى berfirman:

اِنَّ الدِّيۡنَ عِنۡدَ اللّٰهِ الۡاِسۡلَامُ

Sesungguhnya agama di sisi Allah ialah Islam” (QS. Ali Imran:19)

kemudian Allah سبحانه و تعالى juga menyatakan:

وَمَنْ يَّبْتَغِ غَيْرَ الْاِسْلَامِ دِيْنًا فَلَنْ يُّقْبَلَ مِنْهُۚ وَهُوَ فِى الْاٰخِرَةِ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ

“Dan barangsiapa mencari agama selain Islam, dia tidak akan diterima, dan di akhirat dia termasuk orang yang rugi” (QS. Ali Imran: 85)

Dari Sahabat Abu Hurairah , Rasulullah ﷺ bersabda:

لاَ تَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا، وَلاَ تُؤْمِنُوا حَتَّى تَحَابُّوا، أَوَلاَ أَدُلُّكُمْ عَلَى شَيْءٍ إِذَا فَعَلْتُمُوْهُ تَحَابَبْتُمْ؟ أَفْشُوا السَّلاَمَ بَيْنَكُمْ

“Kalian tidak akan masuk surga sampai kalian beriman, dan tidak akan sempurna iman kalian hingga kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan kalian pada sesuatu yang jika kalian lakukan kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian.” (HR. Muslim)

Maka kita harus bangga menjadi seorang muslim. Bersyukur sudah pasti, bahagia Alhamdulillah. Tapi bangga yang belakangan ini digempur oleh musuh-musuh islam sehingga seorang muslim seakan tidak bangga dengan keislaman yang dianugerahkan kepadanya.

Maka di kesempatan kajian malam hari ini, secara ilmiah akan dibahas bagaimana seorang muslim sesuai dengan panduan agama islam akan diketahui apakah dia itu eksklusif ataukah dia itu inklusif?

Eksklusif, secara bahasa berarti khusus atau terpisah atau terbatas. Adapun Inklusif adalah antonim kata tersebut yang berarti ikut serta atau terbuka. Maka diketahui bahwa seorang muslim dengan tuntunan islam yang benar itu Eksklusif sekaligus Inklusif.

Eksklusif dalam lingkup akidah dan ibadah, tidak setiap orang bisa terbuka untuk masuk ke dalamnya. Karena dalam perkara akidah maupun ibadah seorang muslim hanya mengikuti tuntunan Allah dan Rasulnya saja. Adapun dalam masalah muamalah atau interaksi sosial maka seorang muslim itu Inklusif, bisa terbuka bersama yang lain.

Yuk, simak lebih cermat dan lanjut lagi melalui rekaman di bawah ini ya.
Semoga dapat memberikan manfaat dan kebaikan untuk kita semua. Baarakallahu fiikum.

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Ahlan wa Sahlan di Website Resmi Pesantren Al Lu'lu' Wal Marjan Magelang
👋 Ada Yang Bisa Kami Bantu?
Close
Close