Download KajianKajian IslamKajian KeislamanKajian Rutin

Mengenal Hakikat Jiwa

Mengenal Hakikat Jiwa
Kamis, 26 Mei 2022
Ustadz Fathurrahman

Kita kembali akan mengkaji pembahasan Kitab ASYRU QAWAAID FII TAKZIAH AN NUFUS “10 Kaidah di Dalam Penyucian Jiwa”. karya Ash-Syaikh Abdir Razzaq Ibn Abdil Muhsin Al Badr hafidzahullahu ta’ala.

Sudah hampir tuntas dari apa yang dibacakan kepada kita dalam pertemuan kajian kitab ini, kita sudah memasuki kaidah yang terakhir yaitu kaidah yang ke 10 “Menganal (memahami) Hakikat Jiwa”.

Setiap manusia pasti memiliki jiwa. Di dalam raga kita masing-masing, Allah ta’ala telah menitipkan kepada kita semua sebuah jiwa, apakah sampai saat ini kita sudah mengenalnya (memahaminya) jiwa yang kita miliki dalam diri kita sendiri? Ataukah belum?

Mari bersama-sama kita berusaha untuk memahami jiwa yang ada di dalam diri kita, dijelasan oleh As-Syaikh Abdur Rozaq bin Abdul Muhsin al Badr,

dan sudah merupakan keharusan di dalam bab pensucian jiwa, seorang hamba hendaknya mengenal hakikat jiwa itu sendiri, mengenal sifat-sifatnya supaya diberikan kemudahan di dalam melindungi jiwa tersebut, menjaganya kemudian mengobatinya apabila jiwa tersebut mengalami sakit-sakit yang tidak disangka datangnya

Dalam Al-Qur’an telah dijelaskan (dideskripsikan) bahwa jiwa ada tiga macam sifatnya, sifat ini kembali kepada kondisi, kepada keadaan jiwa itu sendiri. Apa itu sifatnya?

  1. Jiwa yang tentram (jiwa yang tenang), yaitu jiwa yang selalu merasa tenang dan tentram dengan keimanan. Allah Ta’ala berfirman :

الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَىِٕنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِ ۗ اَلَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَىِٕنُّ الْقُلُوْبُ 

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram
(QS. Ar-Ra’d : 28)

Mari sama-sama kita mengikuti penjelasan tentang kaidah yang ke sepuluh pada kitab Asyru Qawaa’id Fii Tazkiah An Nufus, dengan mendengarkan dan menyimak rekaman di bawah ini. Baarakallahu fiikum.

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
WeCreativez WhatsApp Support
Ahlan wa Sahlan di Website Resmi Pesantren Al Lu'lu' Wal Marjan Magelang
👋 Ada Yang Bisa Kami Bantu?
Close
Close